Langsung ke konten utama

#ikutan Read Big Challenge - Host by @alvina13

Read Big Challenge

Akhir-akhir ini minat buat baca buku kambuh lagi.
Dulu, masih zaman sekolah dan kuliah bisa dibilang aku aktif membaca buku.
Buku tebal? gak masalah.
Buku setebal karya Dan Brown atau Harry Potter 4 bisa aku baca dalam waktu satu hari. Komik bisa sampai belasan ataupun dua puluhan sehari.

Namun, semua itu berubah setelah memasuki dunia kerja (*bukan setelah negara api menyerang). Membaca buku itu terasa sulit. Bukan hanya karena pikiran sudah teralih dengan pekerjaan, namun waktu pun kadang sedikit sekali. Kalaupun ada waktu, rasanya tenaga udah gak ada untuk melototin buku.
Pernah lho novel aku baca sampai berbula-bulan baru selesai, atau bacanya dilanjutkan setelah 6 bulan lamanya. Duh!

Naah, makanya beberapa tahun belakangan ini, semangat membaca itu terasa musiman. Kadang kambuh kadang malas. Tapi, beberapa bulan ini rasanya semangat baca buku.
Hitungan 6 bulan terkahir, sekitar 10 buku yang aku selesai baca (tidak termasuk komik) dan cukup sering bikin review. Kalau diri sendiri gak dipaksa kadang susah sih mau bikin review. Hehehe..

Akhir-akhir ini pula, aku cukup sering baca-baca review novel yang kira-kira menarik untuk dibaca. Kebetulan di blog Alvina13 nemu tantangan untuk membca buku tebal (bantal) selama setahun. Wah, menarik (pikirku) dan akupun merasa tertantang untuk ikut.
Salah satu alasan aku ikut adalah untuk memaksa diri sendiri (agar ada alasan) untuk memantapkan niat menumbuhkan kembali semangat membaca buku.

Ini sedikit keterangan tentang tantangan membaca buku yang diberi nama READ BIG CHALLENGE.

Syarat buku yang dibaca:

  • Jumlah halaman di atas 500. Supaya kesan seksi dan sensasi tebalnya terasa (>_<), tidak boleh berupa ebook atau audio book, kecuali jika ada alasan khusus (hubungi saya kalau kamu merasa sangat perlu pengecualian).
  • Manga, graphic novel, buku dengan banyak ilustrasi (contoh: Hugo Cabret), tidak diperbolehkan.
Kelas yang dipertandingkan:
  • Featherweight / Kelas Bulu: membaca 1 - 4 buku
  • Middleweight / Kelas Menengah: membaca 5 - 8 buku
  • Heavyweight / Kelas Berat: membaca > 8 buku
Selain kelas-kelas utama tersebut, ada pula Kelas Khusus:
Incredible Bulk: membaca minimal 1 (satu) buku dengan jumlah halaman >1000
Untuk info lebih lanjut sih bisa baca di blog MARI NGOMONGIN BUKU -nya Alvina.
Aku sendiri sih merasa tertantang untuk ikut kelas menengah dan berusaha sampai kelas berat. Selain itu, tertantang untuk kelas khusus "Incredible Bulk" soalnya ada novel GONE WITH THE WIND setebal 1.124 halaman yang sudah setahun lebih memanggil-manggil untuk dibaca segera. Hahaha...
Ada 3 buku dengan jumlah halaman lebih dari 500 yang aku punya dan belum dibaca. Sampai akhir tahun tentu saja akan bertambah. Akhirnya, aku mengatakan ini kepada diri sendiri dan siapa pun yang ikut tantangan ini...
Ayo Semangat....!
Ayo Semangat....!
Ayo Semangat....!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#cumangomong Tips dan Trik Memperbesar Peluang Menang Kuis Buku (Giveaway)

#BerkahRamadhan#TipsDanTrikMenangKuisBuku


Alhamdulillah bulan ini dapat rezeki berupa menang kuis 4 kali dari penerbit buku dan toko buku. Bulan lalu aku memenangkan 5 kuis buku dari blog, twitter, dan instagram. 
Lama kelamaan aku merasa jadi kuis hunter, padahal nggak lho. Aku jarang sekali benar-benar berniat mencari kuis dan mengikutinya. Kebanyakan sih informasi tersbut berseliweran di timeline begitu buka medsos. Lihat ada info menarik, aku buka, lihat, baca, dan akhirnya tertarik, ya aku ikutan. Tapi, kalau tidak ya tentu aku lewatkan begitu saja. Hehehe...
Nah, ini nih kuis yang aku menangkan (kebetulan keempatnya kuis di Instagram):
a. Kuis #GaraGaraBuku oleh Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) - Hadiahnya pilih buku apapun yang kita inginkan. b. Kuis #TruAndNelleGiveaway oleh Penerbit Noura (Noura Books) - Hadiahnya dua buku Tru dan Nelle. c. Kuis #TadarusBuku oleh Penerbit Mizan - Hadiahnya paket buku dari Penerbit Mizan d. Kuis inspirasi #BacaBuku15Menit oleh TB Gramedia …

I Just Need You Now...

Perhelatan anugerah musik internasional yang bergengsi, Grammy Award 2011, baru saja dilaksanakan.
Akhirnya setelah penantian panjang yang disertai rasa penasaran yang sangat besar (sumpah, aku penasaran banget pemenang yang bawa pulang piala siapa aja) pemenangnya sudah diumumkan...

Tentu ada alasannya dong kenapa aku sampai penasaran banget sama pengumuman pemenang penghargaan ini. Alasan utamanya adalah karena aku punya jagoan yang sangat-sangat-sangat aku harapkan menang.
Tebak siapa?

Justin Bieber? - Tentu tidak dong. Saya bukan remaja lagi yang menyukai lagu bergenre kaya gitu.
Lady Gaga? - Aku akui lagu-lagunya aneh tapi bagus. Tapi orangnya tidak kalah aneh. Tapi sayang sekali bukan dia jagoanku.
Rihanna? - Juga bukan, walaupun talentanya tidak diragukan lagi.
Eminem? - Aku suka eminem. apalagi lagunya yang "Not Afraid" dan "Love The Way You Lie" tapi juga bukan dia.
Katy Perry? Bruno Mars? B.o.B? Jay Z? juga bukan..

Okelah, daripa main tebak-tebakan dan ak…

Harry Potter – Novel dan Film

Tulisan ini pun tercipta tentu saja karena akhirnya film terakhir Harry Potter – Harry Potter and The Deathly Hallows Part.2 ditayangkan juga di bioskop Indonesia. Alhamdulillah, karena terus terang aku pun turut senang (padahal pada saat tulisan ini dibikin, aku sendiri belum nonton). Penasaran bagaiman visualisasi terakhir dari Harry Potter ini. Lagian nonton di bioskop ada nilai lebih sendiri dalam menikmati sebuah film.

Aku gak akan meresensi atau menceritakan novel ataupun film Harry Potter di sini. Aku menganggap sebagian besar orang sudah tahu ceritanya. Sudah membaca dan menonton filmnya. Kalau belum tahu yaaaa....
Buku - novel = baca sendiri aja. Filmnya - tonton sendiri aja. Hehehee...



Aku dan Novel Harry Potter
Kalau mengingat masa lalu, pertama kali perkenalannku dengan novel Harpot (sebut saja seperti ini) adalah melalui majalah Bobo (Cuma lupa apakah majalah Bobo-ku sendiri atau Majalah Bobo Pinjaman), tapi Bobo memang teman bermain dan belajarku zaman itu. Pada saat it…