5 Oktober 2014

[Movie] 2 in 1 Short Movie Review - Airplane (1980) dan 12 Angry Men (1957)



AIRPLANE! (1980) 




Directors and Writers          : Jim Abrahams, David Zucker
Casts                            : Robert Hays, Julie Hagerty, Leslie Nielsen , Lloyd Bridges, Peter Graves, Kareem Abdul-Jabbar

Melihat sebuah poster film bergambarkan pesawat terlilit, rasa penasaran akan film itu pun terbersit. Film apaan ini? (membatin dalam hati *ceilah pake bahasa batin, kaya sinetron aja).

Iseng-iseng cari info di internet tentang film ini.
Wah, di Rottentomatoes film ini fresh dengan rating 98%, nilai 8,4. Sedangkan di IMDB nilainya 7,8. Lagipula beberapa situs mengatakan (bahkan di poster-nya pun ada) bahwa film Airplane! Ini adalah salah satu film terlucu yang pernah dibuat. Ah, masa sih? Rada-rada gak percaya (*membatin lagi dalam hati).

Setelah cari ku mencari, cari film ini, akhirnya ketemu juga trus ditonton dong. Film ini bercerita tentang seorang pramugari (Elaine) yang sedang bermasalah sama pacarnya. Sang pacar (Ted Striker), yang berprofesi sebagai sopir taksi dan memiliki masalah minum *drinking problem* (warning! masalah minum ini tidak seperti yang kalian bayangkan - percayalah) menyusulnya ke bandara dan naik ke pesawat yang juga dinaiki sang pacar. Ternyata, tanpa diduga, beberapa penumpang keracunan makanan yang disediakan di pesawat.  Begitu pula pilot, co-pilot, dan navigatornya pun mengalami keracunan makanan sehingga pesawat tidak ada yang mengendalikan. Hampir dan hampir saja terjadi kecelakaan. Semua panik. Dan apakah yang terjadi selanjutnya? Bisakah pesawat tersebut selamat?

Kalau dari sinopsis yang aku utarakan sih, sepertinya temanya SERIUS ya. Pesawat yang hampir kecelakaan. Hanya satu orang yang kemungkinan bisa menyelamatkan semua penumpang dalam pesawat. Kurang serius dan menegangkan apalagi coba?

Walaupun temanya SERIUS, tapii ternyata filmnya juga SERIUS lucu... 
Lucunya pake banget dan samapi gak sadar aku ketawa sampai ngakak (sering) sepanjang film. Hahahaaa... (*masih ngakak kalo ingat beberapa adegan film ini)

Biasanya film komedi barat (Hollywood) yang katanya lucu, begitu aku tonton gak selucu yang dikatakan orang. Mungkin karena budaya yang berbeda dan beda lelucon kali ya, jadi kadang-kadang joke yang dilontarkan ada yang gak kena (atau gak ngerti maksudnya apa)
Tapi... dalam film Airplane ini, entah kenapa semua leluconnya itu dapet, ngena di hati dan bikin ketawa ngakak. Beberapa jayus sih adegannya, tapi  tetap aja lucu.

Kelebihan film ini adalah menampilkan lelucon, lawakan yang terus menerus. Adaa aja pokoknya ide untuk ngelucunya, dan pace-nya cepat, jadi bukannya garing tapi justru menyegarkan. Hahaa...

Nilai : 8/10

Suka bangeeet sama leluconnya. :)




12 ANGRY MEN (1957)


Director          : Sidney Lumet
Writer             : Reginald Rose (story)
Casts               : Henry Fonda, Lee J. Cobb, Martin Balsam, John Fiedler, E.G. Marshall, Jack Klugman,   Edward Binns, Jack Warden, Joseph Sweeney, Ed Begley, George Voskovec, Robert Webber

Film 12 Angry Men ini adalah film produksi tahun 1957. Film hitam putih, tentang 12 juri di sebuah ruangan, berdiskusi untuk menentukan seorang anak muda “bersalah atau tidak bersalah” dalam sebuah kasus dugaan pembunuhan ayah kandungnya sendiri. Ke-12 juri adalah orang-orang yang tidak saling mengenal, berbagai macam profesi, usia, dan latar belakang. Ya, menonton film ini adalah menonton film tentang bapak-bapak yang sedang rapat. Film yang sepertinya gak seru dan memang sangat berpotensi menjadi tontonan yang sangat amat membosankan.

Tapi, apakah memang seperti itu?

Eiiitss... jangan salah.

Walaupun film ini dari awal hingga akhir film hanya berisikan 12 orang berembuk (rapat - diskusi) memutuskan dengan suara bulat bersalah atau tidaknya anak muda tersebut. Suara kesepakatan harus bulat, jika bersalah, kedua belas juri harus sepakat bersalah, begitu pula sebaliknya. Dengan banyaknya saksi di persudangan yang memberatkan dan dengan adanya barang bukti yang sangat meyakinkan, sepertinya kasus pembunuhan tersebut akan dengan mudah diambil keputusan bahwa anak muda tersebut memang bersalah, setidaknya itulah yang dipikirkan oleh hampir semua Juri, ketiga ternyata ada satu juri, yaitu juri #8 menyatkan bahwa anak tersebut tidak bersalah.

Juri#8 tidak mau dengan begitu saja dengan mudahnya menentukan hidup seseorang dalam waktu singkat tanpa membicarakannya terlebih dahulu. Karena, apabila anak tersebut dinyatakan bersalah, maka anak muda tersebut akan dihukum mati di kursi listrik
Pernyataan juri #8 tersebut membuat ke-11 juri lainnya marah, jengkel, dan menganggap juri #8 hanya membuang-buang waktu mereka saja di ruangan tersebut. Bagaimanakah kelanjutan dari diskusi mereka? siapakah yang benar dalam perdebatan ini? apakah keputusan akhir dari ke-12 juri tersebut?

12 Angry Men atau 12 Lelaki Marah, adalah sebuah film klasik yang masih menggunakan media film hitam putih. Sangat berpotensi tidak disukai dan tidak menarik minat penonton awam apalagi generasi muda yang sudah terbiasa dengan teknologi perfilman zaman sekarang ini. Sepertinya sudah dalam pikiran mereka bahwa film klasik, atau yang biasa mereka sebut ‘jadul’ apalagi hitam putih akan sangat membosankan. Jangankan ditonton, dicoba tonton atau dilirik aja sepertinya hampir tidak mungkin.

Tapi, film bagus dan berkualitas itu tidak harus selalu efek canggih, adegan-adegan seru penuh aksi dan ledakan, roman percintaan, komedi yang mengocok perut, adegan kolosal, warna-warni indah dan segala kemeriahan yang ada.
Film dengan script brilian dan akting menawan itu sudah cukup :)

Aku pribadi suka banget dengan film ini.

Mengapa suka?

Dialog-dialognya cerdas, kekuatan akting para pemainnya yang top, membuat film ini begitu menarik. Hanya dengan mendengar percakapan dan dialog yang keluar dari mulut para pemainnya cukup membuatku duduk diam memperhatikan dengan seksama tanpa sedikitpun merasa bosan. Bahkan dari percakapan para juri pun membuatku merasa terlibat langsung menjadi juri ke-13 dan juga ikut membayangkan kejadian-kejadian serta mendengar argumen, saksi dan bukti yang diutarakan walaupun mungkin hanya duduk diam menyimak di dalam ruangan. Menonton film ini adalah sebuah pengalaman menonton yang sangat menyenangkan. Banyak dialog keren. Banyak kejutan demi kejutan menarik bermuculan sepanjang 1,5 jam film berlangsung tanpa ada rasa bosan.

Btw, walaupun aku tidak begitu mengerti tentang hukum di US sana, film ini enak diikuti.

Tidak salah banyak orang mengatakan film ini “A Classic not to be Missed.

Nilai : 9/10

NB : Saking sukanya, mulai menyebarkan virus film ini kepada semua teman kantor. Syukurnya, walaupun jadul, ternyata banyak yang suka dengan film ini :)

Salah satu quote favorite

Selalu saja sulit untuk mengabaikan prasangka pribadi untuk sesuatu semacam ini, Dimanapun kau berprasangka, prasangka itu akan mengaburkanmu dari kebenaran. Aku benar-benar tidak tahu kebenarannya, malahan kupikir tidak orang yang benar-benar tahu kebenarannya

18 September 2014

[Movie] Pekan Film Antikorupsi - KPDDP Makassar presents...

Pekan Film Antikorupsi


Jadi ceritanya nih, dalam rangka peringatan 'Pekan Film Antikorupsi' maka ditugaskanlah kantor-kantor di lingkungan DJP untuk membuat sebuah film tentang antikorupsi. Film dapat berupa film pendek, layanan masyarakat, atau dokumenter dengan durasi antara 4 - 7  menit.

Temen-temen di kantor tentu saja pada semangat nih untuk shooting (lebih tepatnya di-shooting sih) film antikorupsi, terbukti dari begitu hebohnya mereka pada saat shooting berlangsung. Aku juga semangat sih, karena emang suka hal-hal yang berbau seni dan keterampilan. Nonton film juga suukka banget (penekanan kata #penting ini). Proses shooting-nya seru dan lucu. Hehehe..

Kantorku, KPDDP Makassar niatnya membuat sebuah film pendek. Judulnya sih K.K.T alias "Ketika Korupsi Tercium". Ceritanya sendiri tentaaaang... (RAHASIA - tonton sendiri aja).
Mudah-mudahan nanti filmnya bisa dipublikasikan walaupun mungkin hanya dari youtube. Doain yaa... :)
#update filmnya sudah ada di youtube

Karena aku juga semangat, iseng-iseng juga seh bikin teaser poster untuk Film Antikorupsi kantor. Konsep teaser posternya sih simpel aja ya (maklum masih amatiran untuk bikin poster). Kenapa aku bikin poster sampai malam banget? Yaa.. karena aku ngerasa film (walaupun film pendek) tanpa poster itu rasanya ada yang kurang seperti analogi 'bagai sayur tanpa garam'. Hambar..

Inilah hasil teaser poster yang aku bikin. Keren kaaan... (Puji diri sendiri walaupun gambar hidung kebesaran. Hahaha...)

Poster Film Antikorupsi KPDDP Makassar - By : Habibi



--- UPDATE ---

Alhamdulillah, berkat kerja keras teman-teman semua yang terlibat dalam pembuatan film pendek, dan tentu saja dukungan dari semua pegawai yang telah mendukung dan memilih film KKT ini, akhirnya film ini menaaaang....

Menangnya sih bukan juara 1, 2 atau 3. Menangnya tuh sebagai film favorit pilihan para pemirsaaah. Walalupun bukan juara tapi tetap senang dan bangga rasanya.

Penasaran tentang filmnya? Tonton aja di youtube (link-nya di bawah ini)

Film Pendek AntiKorupsi - Ketika Korupsi Tercium



Behind the scene-nya



Selamat menonton :)

31 Agustus 2014

[Book Review] Inferno - Dan Brown



Inferno - Bentang Pustaka
Inferno - Neraka
Pengarang : Dan Brown
Penerbit Bentang
Cetakan VI : Januari 2014
644 Halaman
ISBN 978 – 602 – 7888 – 55 – 5 (softcover)

Inferno (Neraka) adalah novel terbaru dari Dan Brown yang sudah terkenal dan sukses dengan karya-karyanya The Da Vinci Code, Angels & Demons, Deception Point, Digital Fortress, dan The Lost Symbol. Inferno sendiri merupakan kisah ke-4 dari tokoh sang profesor Robert Langdon setelah The Da Vinci Code, Angels & Demons, dan The Lost Symbol.

Novel Inferno ini sekali lagi merupakan sebuah cerita tentang sejarah, seni, kode, dan simbol seperti kisah-kisah Dan Brown lainnya.

Inferno adalah dunia-bawah yang dijelaskan dalam puisi epik Dante Alighieri, The Divine Comedy, yang menggambarkan neraka sebagai jagat berstruktur rumit dihuni oleh entitas-entitas yang dikenal sebagai “arwah”-jiwa tanpa-raga yang terperangkap di antara kehidupan dan kematian.

Inferno itu bercerita tentang apa? Dari sinopsis yang tertulis pada bagian sampul belakang dapat kita tahu garis besar tentang isi dari Inferno.

Sinopsis Inferno (sampul belakang)

Tengah malam, Robert Langdon terbangun di rumah sakit dan syok saat mendapati dirinya ada di Florence, Italia. Padahal ingatan terakhirnya adalah berjalan pulang setelah memberi kuliah di Harvard. Belum sempat Langdon memahami keganjilan ini, dunianya meledak dalam kekacauan. Di depan mata, dokter yang merawatnya ditembak mati. Langdon berhasil lolos berkat Sienna Brooks, seorang dokter muda yang penuh rahasia.

Dalam pelarian, Langdon menyadari bahwa dia memiliki sebuah stempel kuno berisi kode rahasia ciptaan ilmuwan fanatic yang terobsesi pada kehancuran dunia berdasarkan mahakarya terhebat yang pernah ditulis-Infero karya Dante. Ciptaan genetis ilmuwan tersebut mengancam kelangsungan umat manusia, Langdon harus berpacu dengan waktu memecahkan teka-teki yang berkelindan dalam puisi-puisi gelap Dante Alighieri. Belum lagi, dia harus menghindari sepasukan tentara berseragam hitam yang bertekad menangkapnya.

**

Dari sinopsis Inferno tersebut, Dan Brown kembali bercerita dengan formula yang sama dengan ketiga kisah Robert Langdon sebelumnya (dan juga dua buku lainnya).

Prolog tentang kematian (terbunuhnya) seorang tokoh penting. Partner seorang wanita (yang cantik dan menarik). Seorang assasin (pembunuh) bayaran beserta pihak yang mengejar mereka. Suatu organisasi (organisasi besar dan biasanya organisasi bersifat rahasia). Alur cepat dengan setting waktu yang singkat (hanya sehari/beberapa hari - gak nyampe seminggu) dengan aksi kejar-kejaran sambil mengungkap semua misteri yang ada.

Yap, formula yang sama namun (masih) memiliki daya pikat yang kuat, menarik untuk dibaca dan cukup bikin penasaran hingga lembar terakhir. Mungkin memang itulah ciri khas seorang maestro Dan Brown menuturkan kisahnya.

Mau tahu kelanjutan kisahnya? Baca sendiri aja deh. Jadi pada dasarnya aku gak bercerita banyak tentang isi dari novel ini.

Pendapat Pribadi :

Sebuah buku tentu saja tidak sempurna, begitu pula Inferno ini. Ceritanya seru, tema yang diangkat pun menarik, namun yang agak mengganggu adalah beberapa penjelasan cukup panjang dan detail yang dipaparkan Dan Brown di beberapa bab sehingga kadangkala tensi ketegangan cerita menurun (karena cerita lagi seru-serunya) dan timbul kebosanan sebagai pembaca.

Penjelasan sedetail itu mungkin memang bagus dan berguna, apalagi bagi orang yang sebelumnya tidak tahu apa-apa mengenai Inferno – Dante, lokasi di Italia (Florence dan sekitarnya) dan segala yang berhubungan dengan hal tersebut. Namun untuk kali ini aku merasa informasinya terlalu banyak dan gak harus sampai sedetail itu dalam Inferno ini (walaupun sering membuatku membayangkan dengan nyata tempat-tempat tersebut). Tapi, tentu saja masih menarik walaupun penilaianku kisah Inferno masih di bawah 3 kisah Robert Langdon sebelumnya.

Btw, setelah membaca novel ini, aku gak merasa bersemangat mengetahui lebih banyak tentang Inferno sendiri, atau tentang Dante dan karya-karya, jadi cukup sekedar tau dari novel ini saja. Namun, apabila kalau nanti ada kesempatan jalan-jalan ke Eropa (terutama Italia) cukup menarik untuk dikunjungi dan melihat tampak aslinya.

Oia, baca tentang Inferno ini (gambaran dari Dante) mengingatkanku sama penjara IMPEL DOWN pada kisah One Piece – Penjara bertingkat dengan siksaan yang berbeda dan semakin mengerikan pada tingkatan di bawahnya. Mungkin Oda inspirasinya dari situ kali ya? Hehe.. (belum googling),

Nilai : 3,6/5

27 Agustus 2014

Mulai Menulis Lagi

Lihat saja postingan tahun 2012 dan 2013, parah banget kan?
2012 = 5 postingan tulisan
2013 = 1 postingan tulisan

Sayang banget sih kalau akhirnya blog ini gak terurus lagi. Oleh karena itu, tahun 2014 ini (mulai bulan Agustus), melalui semangat perjuangan kemerdekaan, semangat 45, aku berusaha untuk menulis lagi. Niatnya sih minimal satu postingan tulisan tiap bulan. Yeeeey...  Horeee... *kepalkan tangan dan membuat gerakan meninju ke udara*

#semangat #gambardarigoogle

24 Agustus 2014

#cumangomong Nasihat Warren Buffet kepada Anak-Anak Muda



Dahulu kala, beberapa tahun yang lalu. Yaa.. sekitar 7 tahun yang lalu, aku suka baca buku motivasi dan menyukai segala hal yang berbau motivasi hingga akhirnya merasa tidak termotivasi lagi (alias capek).
Capeknya tuh dengan semua hal yang berbau motivasi sampai-sampai menjadi tidak tertarik lagi. Malahan sekarang cenderung menghindar.

Bukannya jenuh sih, tapi mungkin terlalu banyak mengakibatkan perasaan digurui, dan digurui terus-menerus itu rasanya tidak menyenangkan (bagi saya).

Beberapa waktu lalu iseng-iseng bongkar-bongkar file di laptop dan secara tidak sengaja menemukan sebuah file notepad bernama “nasihat”.

Apa ini?

Tentunya penasaran dong apa isinya, karena file ini bisa dibilang cukup lama mungkin sekitar 4 tahun yang lalu. Ketika akhirnya aku membuka file tersebut, ternyata isinya adalah tulisan berikut ini :

**
Warren Buffet memberi nasehat untuk anak-anak muda: "Jauhkan dirimu dari pinjaman bank atau kartu kredit dan berivestasilah dengan apa yang kau miliki serta ingat :

a.      Uang tidak menciptakan manusia, manusialah yang menciptakan uang.
b.      Hiduplah sederhana sebagaimana dirimu sendiri.
c.     Jangan melakukan apapun yang dikatakan orang, dengarkan mereka, tapi lakukan apa yang baik saja.
d.     Jangan memakai merk, pakailah yang benar-benar nyaman untukmu.
e.     Jangan habiskan uang untuk hal-hal yang tidak benar-benar penting.
f.     Jika itu telah berhasil dalam hidupmu, berbagilah dan ajarkanlah pada orang lain.*

"Orang Yang Berbahagia Bukanlah Orang Yang Hebat Dalam Segala Hal, Tapi Orang Yang Bisa Menemukan Hal Sederhana Dalam Hidupnya dan Mengucap Syukur.”
 
**

Aku ingat betul tulisan ini karena aku suka (sangat) apa yang tertulis dan makna yang terkandung di dalamnya. Aku lupa dapat tulisan ini dari mana. Benar-benar lupa dan gak ada ide sama sekali. Apakah dari blog, buku, e-book, atau entahlah dari mana?

Mengapa aku menyukai tulisan tersebut? Ada beberapa alasan sih.
  1. Tulisan itu berisi nasihat dan tidak terkesan menggurui, tapi lebih ke arah mengingatkan (beda lho yaa..)
  2. Pada waktu aku mengutip tulisan tersbut, aku merasa ‘agak’ tersindir, atau mungkin tepatnya pas banget momennya pada saat memulai kehidupan baru dengan orang-orang sekitar yang 'lebih'. Apalagi masa-masa ketika akhirnya bisa menikmati uang penghasilan sendiri yang jumlahnya lumayanlaaah :)
  3. Sampai kapanpun tulisan ini akan tetap bermanfaat dan sebagai pengingat apabila ada ketidakpuasaan atau kegundahan ketika menghadapi masalah duniawi yaitu materi – yeah, aku pernah berada dalam fase atau keadaan tersebut.
Coba bahas satu-persatu ah...

Jauhkan dirimu dari pinjaman bank atau kartu kredit dan berivestasilah dengan apa yang kau miliki

Hindarkan dirimu dari pinjaman bank? Ah, ini mungkin untuk suatu hal yang berkaitan dengan konsumsi. Karena, kalo seperti aku yang kerja sebagai PNS (sekarang) yang gaji (alhamdulillah) cukup untuk hidup sehari-hari bersama keluarga, kalau mau punya rumah, tanah dll dan tidak mengandalkan pinjaman bank ya sampai tua mungkin bakal susah banget untuk punya. Tapi, kalu pinjam di bank untuk belanja barang konsumsi, hura-hura, liburan, kalo emang tidak punya dana lebih memang sebaiknya jangan.

Kartu kredit pun begitu. Manfaat kartu kredit pun sebenarnya banyak, tapi kalau tidak bijak dalam penggunaannya ya akan jadi bumerang bagi diri-sendiri. Aku sendiri belum punya kartu kredit, karena memang belum merasa butuh, dan dengan keadaan sekarang aku mengkhawatirkan gak bisa bayar cicilan kalau tiba-tiba khilaf dalam penggunaannya (khilaf – istilah yang aku pakai bareng temen-temen dulu kalau tiba-tiba belanja barang yang banyak, cukup mahal dan gak butuh-butuh amat)

Investasi? Yap, itu sih emang penting, Tapi memang sebaiknya menggunakan apa yang kau punya. Apapun bentuk investasi, banyak kok, coba saja yang menurut diri sendiri cocok. Aku? Investasi? Belum terlalu mahir sih, tapi akan terus belajar.

Uang tidak menciptakan manusia, manusialah yang menciptakan uang

Ini sih bagiku cukup jelas ya. Janganlah jadikan uang itu sebagai Tuhan (atau segalanya). Jangan sampai uang yang mengatur hidupmu dan diperbudak oleh uang. Sangat boleh dan memang kebutuhan untuk mencari dan mendapatkan uang untuk hidup, tapi ingat seperti kalimat sebelumnya. 
Taruh uang di genggamanmu tapi jangan di hatimu (modifikasi suatu kutipan sedikit. Hehehee..)

Hiduplah sederhana sebagaimana dirimu sendiri.

Aku suka banget yang ini. Dalam agama Islam sendiri memang dianjurkan hidup sederhana dan selalu bersyukur dengan semua apa yang kita miliki. Jangan lupa berbagi, jangan boros, jangan sombong, jangan berfoya-foya untuk suatu hal yang tidak memberikan manfaat. Dsb. Dsb.

Jangan melakukan apapun yang dikatakan orang, dengarkan mereka, tapi lakukan apa yang baik saja.

Ini salah satu intinya, jadilah diri sendiri. Dengarkan nasihat orang, dengarkan perkataan orang walaupun itu menyakitkan. Ini juga mengacu kepada pengendalian diri dan kesabaran. Apapun kata orang, sebanyak apapun, secerewet apapun, sebaik dan sejelek apapun, jangan terima semua bulat-bulat. Pilih yang baik, pilih yang gampang kau lakukan dan berusahalah yang terbaik J

Jangan memakai merk, pakailah yang benar-benar nyaman untukmu.

Ini berkaitan dengan barang konsumsi dan yang kita pakai sehari-hari. Pakaian dan perlengkapannya, gadget, mungkin ini yang paling mendekati. Harga dan kualitas emang tidak pernah bohong, berkaitan erat. Harga-harga barang yang mahal emang cenderung awet, kualitas bagus, enak dipakai (eh, tapi kalau masalah enak dipakai mungkin tidak berlaku untuk semua orang).

Apabila memang tidak punya dana lebih untuk membeli barang bagus yang harga mahal, ya jangan paksakan diri. Jangan sok-sokan mau gaya tapi akhirnya menyusahkan diri sendiri. Misalnya untuk pakaian, belilah sesuai kebutuhan, harga yang murah dengan model cukup bagus pun banyak, gak harus mahal. Lagipunya pilihlah yang nyaman dipakai oleh diri sendiri, barang A yang mahal dipake orang lain belum tentu cocok dan nyaman dipakai sendiri. Ingat itu (sambil nunjuk diri sendiri) :P

Jangan habiskan uang untuk hal-hal yang tidak benar-benar penting.

Udah dibilangin tadi, jangan boros, jangan hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Jangan lupa untuk berbagi juga ya. Hidup sederhana, qanaah, syukuri apa yang kau punya, jangan selalu melihat yang di atas, tapi jangan lupakan juga yang di bawah.

Jika itu telah berhasil dalam hidupmu, berbagilah dan ajarkanlah pada orang lain

Jangan lupa berbagi. Berbagi itu indah dan menyenangkan. Hidup itu tidak sendiri, dan jangan simpan kebaikan itu untuk diri sendiri :)

"Orang Yang Berbahagia Bukanlah Orang Yang Hebat Dalam Segala Hal, Tapi Orang Yang Bisa Menemukan Hal Sederhana Dalam Hidupnya dan Mengucap Syukur.”

Makna kesimpulannya sudah cukup jelas ya. Jangan Cuma diingat tapi diaplikasikan juga ke dalam hidup sehari-hari ya (sambil nunjuk diri sendiri lagi).

---

Btw, tiba-tiba ngerasa jadi bijak begini ya?
Hahaa.. gak apalah, gak ada salahnya berbagi dan mengungkapkan isi hati serta mengingatkan diri sendiri (dan bersyukur kalau siapaun yang baca bisa mendapatkan sesuatu yang baik juga dari tulisan ini).

Gak ada yang sempurna di dunia ini, aku dengan segala ke-aku-anku juga pun begitu. Tulisan ini pun begitu. Siapapun yang membacanya, aku ucapkan terima kasih dan maaf apabila ada tulisan yang terkesan menggurui dan ada yang tidak tepat sehingga menyinggung hati. Tapi, tetap saja semoga tulisan ini bermanfaat :)