14 Juli 2012

#cumangomong Sebuah Pemikiran Tentang Lagu dan Musik (1)

Sudah sangat lama keinginan menulis sesuatu tentang lagu atau musik itu ada. Taapiii... karena mood yang sering hilang waktu ingin menulis, maka, sampai dengan beberapa bulan bahkan mungkin lebih setahun, ide tentang lagu dan musik itu hanya berupa lembar dengan judul saja :)

Akhirnya, setelah membulatkan tekad, tulisan ini pun tercipta walaupun sangat berbeda dari konsep awal yang ingin aku tulis, namun intinya tetap sama, yaitu pandanganku terhadap lagu dan musik. Tapi, mungkin lebih dikhususkan lagu saja ya.

Tulisan ini akan menjadi beberapa bagian, tergantung mood menulis dan apa yang aku ingat saja.
Oke, inilah dia pemikiran saya tentang lagu tersebut...


- 1 -

Lagu dan Musik itu sama halnya dengan Film dan Buku, adalah masalah selera. Pakaian dan makanan juga termasuk masalah yang berkaitan dengan selera. Jadi masalah suka atau tidak, itu tergantung masing-masing personal. Karena masalah selera juga, maka musik itu tidak dapat dipaksakan kepada orang lain agar menyukai musik yang sama dengan yang kita sukai. 

Kalaupun aku suka dengan suatu lagu, entah yang hampir semua temanku gak kenal lagu dan penyanyinya, mau lagu mainstream yang pasaran dan menurutku keren banget, belum tentu orang lain akan suka. Dan memaksakan sesuatu berdasarkan selera itu susah. Kalau gak lapang dada (eissh) bisa-bisa malah cuma bikin sakit hati (pengalaman dikit sih). 

Pernahkan suka banget sama lagu atau film trus temenmu gak suka? Kamu sarankan untuk dengerin atau ditonton, trus bilang bagus kok, coba didenger dulu, dan dia tetep menolak trus bilang jelek kan itu bikin dongkol. Jadi, biarkan saja kamu nikmati lagu-lagu yang kamu suka dan biarkan orang lain dengan lagu kesukaan mereka. Jangan saling ejek karena hanya akan menimbulkan sakit hati dan bahkan mungkin permusuhan (*bijak banget saya ini :P)

Eh, ngomong-ngomong, masalah 'tidak suka' itu kadang aneh ya. Aku katakan aneh karena kadang bilang 'tidak suka' sesuatu namun  tidak suka tanpa alasan yang benar-benar ada, nyata, atau alasan yang cukup kuat untuk tidak suka. Malah kadang 'tidak suka' karena gak suka aja. kalau ditanya alasannya malah bingung karena emang ngerasa 'gak suka aja'. Ya emang begitu sih. Hahaha :D

3 komentar:

  1. dan bahkan ada yg bilang ga suka padahal tahu aja belum

    BalasHapus
  2. iya ya?
    kadang yang namanya ga suka susah dijelaskan.

    BalasHapus
  3. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus