Langsung ke konten utama

[Book Review] The Cuckoo's Calling (Dekut Burung Kukuk) - Robert Galbraith

The Cuckoo's Calling - Gramedia


Pengarang : Robert Galbraith
Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Pertama 2014
520 halaman
ISBN 978-602-03-0062-7

The Cuckoo’s Calling atau Dekut Burung Kukuk adalah sebuah novel yang berkisah tentang dunia kriminal dan detektif karya Robert Galbraith alias J.K. Rowling. Siapa sih yang tidak kenal dengan J.K. Rowling dengan karya Harry Potter-nya yang sangat terkenal dan mendunia, baik buku maupun filmnya?

Aku, tentu saja, juga menyukai kisah Harry Potter dan dunianya yang sungguh ajaib dan luar biasa. Selain suka dan takjub akan dunia sihir Harry Potter, cara penceritaan dan kejeniusan J.K. Rowling dalam mengolah dan mempergunakan kata-kata (contoh : Felix Felicis, Sectumsempra, Dementor, Erised Mirror – alias cermin Tarsah #kebalikan desire dan hasrat dll) membuatku semakin mengagumi J.K. Rowling. J.K Rowling adalah pencerita yang handal. Jadi, begitu mengetahui ada novel terbaru karyanya, siapa sih yang tidak penasaran akan kisah yang ditulis dalam buku barunya tersebut?

Ada 2 buku terbaru J.K Rowling selain dunia Harpot, yaitu The Casual Vacancy (ah, yang ini belum baca #pengen tapi belum sempet dan gak ada pinjaman *belum ada niat beli) dan The Cuckoo’s Calling yang akan aku coba ulas dalam tulisan ini.

The Cuckoo’s Calling atau Dekut Burung Kukuk berkisah tentang seorang Detektif partikelir (detektif swasta) mantan tentara bernama Cormoran Strike. Kisah awal novel ini dibuka oleh kematian seorang model ternama Lula Landry (kadang aku salah baca Landry menjadi *Laundry* - emang usaha binatu cuci-cuci pakaian? :P) yang dikabarkan bunuh diri dengan melompat dari gedung apartemennya. Sang kakak, John Bristow, yang tidak mempercayai bahwa Lula bunuh diri menemui sang detektif – Cormoran untuk menyelidiki kasus tersebut karena sang kakak percaya bahwa Lula dibunuh oleh seseorang.

Seorang detektif biasanya tidak bekerja sendiri, selalu ada yang membantu. Jika Sherlock Holmes ada John Watson, maka Cormoran Strike akan di bantu oleh Robin. Robin adalah seorang pegawai Temporary Solutions, sebuah perusahaan yang menyediakan pegawai paruh waktu untuk mengisi kekosongan sebuah posisi. Berbicara mengenai Robin, Robin adalah seorang tokoh yang menarik dan aku sempat tergelitik membaca lelucon mengenai Robin ketika pertama kali memperkenalkan diri kepada Cormoran :)

JK. Rowling sangat lihai dalam menciptakan seorang karakter. Dalam novel ini.  JKR juga lihai memainkan kasus misteri kematian sang supermodel Lula Landry.  Pembaca akan dibuat menerka bagaiamana sebenarnya si supermodel tewas. Apakah memang bunuh diri atau dibunuh? Kalaupun dibunuh, oleh siapa? 

Karakter yang ada cukup banyak dan merupakan saksi-saksi yang memberikan keterangan masing-masing kepada Cormoran mengenai apa yang mereka tahu, rasa, dan juga apapun yang kira-kira berhubungan dengan kasus. Deksripsi yang dipaparkan pun sangat bagus sehingga kita sangat mudah berimajinasi mengapa mereka bertindak seperti itu?  Penyerlidikan Cormoran fokus terhadap pengakuan para saksi dan kerabat terdekat korban. Ada keluarga angkat sang supermodel, yaitu kakak, ibu, dan paman angkatnya, supir pribadi, penjaga apartemen, sahabat, rekan kerja, tetangga dan beberapa orang lainnya. Sangat menarik mengetahui kesaksian orang-orang tersebut.

Novel ini sungguh menyenangkan dibaca. Selain bercerita tentang kriminal dan detektif, cara J.K. Rowling menuturkan kisahnya sungguh menarik. Rangkaian kalimat-kalimatnya mengalir bercerita. Bahkan kalau kau menyukai cara J.K. Rowling menceritakan Harry Potter, maka kau juga pasti akan menyukai cara bercerita dalam novel ini.

Selain penuturan kisah yang menarik, walaupun novel ini juga berceita tentang dunia kriminal, namun jangan mengira bahwa kisahnya akan kelam dan serius, justru beberapa adegan secara spontan membuatku tertawa (bahkan beberapa tertawa keras tanpa sadar) karena J.K. Rowling lagi-lagi menyelipkan humor secara spontan dan lugas dalam kisah buku ini.

Buku yang bagus, menarik, dan menyenangkan dari J.K Rowling. Oia, denger-denger sih dalam novel ini J.K Rowling kembali menunjukkan kelihaiannya dalam memilih nama-nama tokoh dan kata-kata dalam novelnya. Selalu ada makna dibalik nama ataupun kata tersebut. Namun, aku belum terlalu mendalami hal tersebut, tapi sangat menarik untuk dicari tahu :)

Catatan Pribadi (Opini) :

Novel Cuckoo’s Calling yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama memiliki kualitas kertas yang bagus, baik cover maupun kertas isinya. Aku suka. Namun mungkin ukuran yang agak besar dibandingkan novel lainnya membuat sebagian besar orang merasa novelnya berat untuk dibaca sambil tiduran atau dengan cara diangkat (bagiku sih gak masalah).

Mengenai cerita The Cuckoo’s Calling, seperti yang telah aku jelasakan di atas, aku pribadi sih suka. Suka dengan cara penceritaan yang beruntun dengan mewawancarai satu per satu tokoh (saksi) dalam peristiwa jatuhnya seorang model dari apartemennya. Jadi penasaran dan menduga-duga kira-kira apakah benar sang model dibunuh atau memang bunuh diri? Siapa pelakunya? Apa motifnya? Tapi, bagi orang yang mengharapkan cerita detektif yang seru atau menegangkan, mungkin akan sedikit kecewa dengan novel ini karena tidak akan menemukan keseruan perkelahian, adu kepintaran, ataupun baku tembak.

Btw, sore tanggal 6 Agustus di bandara, sembari menunggu pesawat aku biasanya melihat-lihat buku (*gak beli) di Periplus. Dan apa yang aku temukan? W O W... ternyata kisah kedua Cormoran Strike sudah ada. Judulnya THE SILKWORM. Aiiih... mupeng. Semoga saja edisi terjemahan bahasa Indonesia-nya segera diterbitkan :)

Nilai : 4 dari 5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Homunculus Vol.11 (Bayangan?)

Hari Kamis, 23 Juni 2011 kemarin aku membaca komik Homunculus Volume 11. Komik Homunculus ini adalah manga karya Yamamoto Hideo *gak kenal sih sama pengarangnya, dan bercerita mengenai seorang tokoh utama dalam komik ini yang bernama Susumu Nakoshi. Susumu Nakoshi merupakan seorang gelandangan yang hidup dan tinggal di dalam mobilnya yang berada di antara sebuah gedung mewah (hotel) dan taman (tempat banyak gelandangan tinggal) - dua tempat yang dapt menggambar dunia dengan sangat kontras, bertolak belakang. Susumu memiliki kebiasaan unik, yaitu tidur layaknya seorang bayi yang butuh perlindungan (meringkuk sambil menghisap jempol). Suatu hari, dia mendapat tawaran dari seorang yang mengaku sebagai mahasiswa kedokteran bernama Manabu ito. Penampilannya padahal urakan dan metal *gak yakin sama penggambarannya. Manabu menawarkan akan memberikan uang sebesar 700 ribu yen asal bersedia tengkoraknya dilubangi. Jika tengkoraknya dilubangi, maka indera ke

[Book Review] Penjelajah Antariksa #5 : Kapten Raz - Djokolelono

Penjelajah Antariksa #5 : Kapten Raz Penulis : Djokolelono Penyunting : Yessi Sinubulan Desain Sampul dan Ilustrasi : Oki Dimas Mahendra Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) Cetakan Pertama Juni 2016 KPG 59 15 01201 ISBN 978-602-424-061-5 Tebal v + 189 halaman Buku ke-5 seri Penjelajah Antariksa dari Djokolelono berjudul Kapten Raz akhirnya terbit juga setelah menunggu sekitar setengah tahun. Buku ke- ini pun masih menceritakan petualangan empat bersaudara Vied, Veta, Stri, dan Raz. Lebih tepatnya melanjutkan kisah buku ke-4 secara langsung di mana akhir buku keempat yang 'nanggung' banget. Setelah kecelakan pesawat yang mereka naiki, Veta, Stri, Mesi, Omodu, dan Kolonel Verea harus terdampar di suatu tempat tanpa ada alat komunikasi apapun. Bab pertama buku kelima ini menyuguhkan pergulatan hati Mesi yang cenderung berubah-ubah terutama sikap dan pandangannya terhadap Veta. Selain itu pula, badai Radiasi Rho-M mengancam keberadaan Starx sebagai

[Book Review] HOPELESS (Tanpa Daya) - Colleen Hoover

Judul Asli : Hopeless   Penulis: Colleen Hoover   Alih bahasa: Shandy Tan   Editor: Intari Dyah Pramudita   Desain sampul: Marcel A.W   Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama   ISBN: 978-602-03-1201-9   Cetakan pertama 2015   Tebal 496 halaman     Buku ini adalah hadiah dari Giveaway SixPackGiveAway dari Blog-nya Rafian. Ada 6 paket buku yang dibagikan dan aku dapat paket yang berisi 2 buku yang salah satunya adalah novel Hopeless karya Collen Hoover yang akan bahas kali ini. Thx banget atas bukunya : ) Kalau boleh jujur sih, judul, cover dan resensi di sampul belakang novel ini gak cukup membuatku tertarik untuk membelinya karena genre novel seperti ini bukan prioritas utama untuk aku beli. Aku suka romance, young adult , namun gak semua romance aku baca. Aku cenderung pilih-pilih cerita romance yang ingin aku baca karena kadang banyak tema yang hampir sama. Setelah selesai baca, aku pun memutuskan Hopeless ini tergolong bagus, temanya gak