1 Mei 2016

[Book Review] Komik Pengen Jadi Baik 1 - SQU



Judul : Pengen Jadi Baik 1
Penulis – Ilustrasi Sampul – Ilustrasi isi : SQU
Tata Letak Sampul : Oric
Tata Letak Isi : Ari
Penyunting : @Jahar_ID
Cetakan V : September 2015
Penerbit Zahira
ISBN : 9786021258934


Pengen Jadi Baik 1 ini merupakan komik islami yang mengajarkan dan mengingatkan tentang bagaimana menjalani kehidupan sehari-hari sesuai dengan yang diperintahkan Allah SWT dan baginda Rasul Muhammad SAW.

Keinginan membaca baca buku ini sudah ada cukup lama setelah sebelumnya membaca beberapa komik pengen jadi baik ini dari media sosial penulisnya sendiri maupun media sosial dari “Pengen jadi Baik”. Namun, melalui komunitas tukar buku yang aku ikuti, akhirnya ada yang mengirimkan aku buku ini. Wah, tentu saja aku langsung merasa senang dan langsung membaca sampai habis hari itu juga.

Reaksi pertama setelah selesai membaca komik ini tentu saja “aku suka. Suka. Suka. Suka.”

Komik ini disajikan per tema, mulai dari perkenalan, tentang kehidupan bertetangga, tentang orang yang kita temui di perjalanan, tentang mengelola marah, menerima pujian, dan lain sebagianya. Sebenarnya, aku suka membaca tulisan-tulisan SQU mulai sekitar tahun 2011 sejak tulisannya diterbitkan melaui e-book. Kebetulan waktu itu aku mendapatkan e-book tersebut dari seorang teman. Begitu tau bahwa kumpulan kisahnya dibuat dalam versi komik, tentu saja langsung timbul keinginan untuk membacanya.

Secara umum, komiknya cukup bagus, artwork-nya pun cukup bagus (enak dilihat) walaupun belum terlalu rapi dalam pembagian tema ceritanya.

Komik Pengen Jadi Baik ini bercerita tentang keseharian yang biasa kita alami. Membaca kisahnya kadang membuat senyum simpul, kadang tertawa, namun tentu saja ada perasaan tersentil karena ada pengingat tentang kehidupan yang kadang kita abaikan atau lupakan. Membaca komik ini membuat kita diingatkan kembali untuk hidup sesuai dengan perintah sebagai seorang muslim. Nasihat yang dikemukakan pun bisa langsung diterima tanpa kesan menggurui atau memaksa.
Aku paling suka 4 tulisan di halaman-halaman terakhir. Bacanya jadi adem. Bacanya juga merasa tersindir sekaligus bikin pengen jadi baik dan lebih baik lagi (sesuai judul bukunya).

Suka deh pokoknya.

Oh, iya. Tulisan SQU pernah aku salin dalam blog ini. Ada dua tulisan yang menurutku sangat ‘menyentil’ waktu itu sehingga aku memutuskan untuk membagikannya dalam blog ini.
Tulisan-tulisan tersebut bisa dibaca di sini dan juga di sini.
 
Komik ini cocok dibaca segala usia lho. Segeralah baca komik ini. Gak akan rugi kok, malah sebagai gantinya insya Allah ada hikmah yang akan kamu dapatkan.

Rating 4,5/5



Tidak ada komentar:

Posting Komentar