Langsung ke konten utama

[Book Review] Komik Pengen Jadi Baik 1 - SQU



Judul : Pengen Jadi Baik 1
Penulis – Ilustrasi Sampul – Ilustrasi isi : SQU
Tata Letak Sampul : Oric
Tata Letak Isi : Ari
Penyunting : @Jahar_ID
Cetakan V : September 2015
Penerbit Zahira
ISBN : 9786021258934


Pengen Jadi Baik 1 ini merupakan komik islami yang mengajarkan dan mengingatkan tentang bagaimana menjalani kehidupan sehari-hari sesuai dengan yang diperintahkan Allah SWT dan baginda Rasul Muhammad SAW.

Keinginan membaca baca buku ini sudah ada cukup lama setelah sebelumnya membaca beberapa komik pengen jadi baik ini dari media sosial penulisnya sendiri maupun media sosial dari “Pengen jadi Baik”. Namun, melalui komunitas tukar buku yang aku ikuti, akhirnya ada yang mengirimkan aku buku ini. Wah, tentu saja aku langsung merasa senang dan langsung membaca sampai habis hari itu juga.

Reaksi pertama setelah selesai membaca komik ini tentu saja “aku suka. Suka. Suka. Suka.”

Komik ini disajikan per tema, mulai dari perkenalan, tentang kehidupan bertetangga, tentang orang yang kita temui di perjalanan, tentang mengelola marah, menerima pujian, dan lain sebagianya. Sebenarnya, aku suka membaca tulisan-tulisan SQU mulai sekitar tahun 2011 sejak tulisannya diterbitkan melaui e-book. Kebetulan waktu itu aku mendapatkan e-book tersebut dari seorang teman. Begitu tau bahwa kumpulan kisahnya dibuat dalam versi komik, tentu saja langsung timbul keinginan untuk membacanya.

Secara umum, komiknya cukup bagus, artwork-nya pun cukup bagus (enak dilihat) walaupun belum terlalu rapi dalam pembagian tema ceritanya.

Komik Pengen Jadi Baik ini bercerita tentang keseharian yang biasa kita alami. Membaca kisahnya kadang membuat senyum simpul, kadang tertawa, namun tentu saja ada perasaan tersentil karena ada pengingat tentang kehidupan yang kadang kita abaikan atau lupakan. Membaca komik ini membuat kita diingatkan kembali untuk hidup sesuai dengan perintah sebagai seorang muslim. Nasihat yang dikemukakan pun bisa langsung diterima tanpa kesan menggurui atau memaksa.
Aku paling suka 4 tulisan di halaman-halaman terakhir. Bacanya jadi adem. Bacanya juga merasa tersindir sekaligus bikin pengen jadi baik dan lebih baik lagi (sesuai judul bukunya).

Suka deh pokoknya.

Oh, iya. Tulisan SQU pernah aku salin dalam blog ini. Ada dua tulisan yang menurutku sangat ‘menyentil’ waktu itu sehingga aku memutuskan untuk membagikannya dalam blog ini.
Tulisan-tulisan tersebut bisa dibaca di sini dan juga di sini.
 
Komik ini cocok dibaca segala usia lho. Segeralah baca komik ini. Gak akan rugi kok, malah sebagai gantinya insya Allah ada hikmah yang akan kamu dapatkan.

Rating 4,5/5



Komentar

Postingan populer dari blog ini

#cumangomong Tips dan Trik Memperbesar Peluang Menang Kuis Buku (Giveaway)

#BerkahRamadhan#TipsDanTrikMenangKuisBuku


Alhamdulillah bulan ini dapat rezeki berupa menang kuis 4 kali dari penerbit buku dan toko buku. Bulan lalu aku memenangkan 5 kuis buku dari blog, twitter, dan instagram. 
Lama kelamaan aku merasa jadi kuis hunter, padahal nggak lho. Aku jarang sekali benar-benar berniat mencari kuis dan mengikutinya. Kebanyakan sih informasi tersbut berseliweran di timeline begitu buka medsos. Lihat ada info menarik, aku buka, lihat, baca, dan akhirnya tertarik, ya aku ikutan. Tapi, kalau tidak ya tentu aku lewatkan begitu saja. Hehehe...
Nah, ini nih kuis yang aku menangkan (kebetulan keempatnya kuis di Instagram):
a. Kuis #GaraGaraBuku oleh Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) - Hadiahnya pilih buku apapun yang kita inginkan. b. Kuis #TruAndNelleGiveaway oleh Penerbit Noura (Noura Books) - Hadiahnya dua buku Tru dan Nelle. c. Kuis #TadarusBuku oleh Penerbit Mizan - Hadiahnya paket buku dari Penerbit Mizan d. Kuis inspirasi #BacaBuku15Menit oleh TB Gramedia …

I Just Need You Now...

Perhelatan anugerah musik internasional yang bergengsi, Grammy Award 2011, baru saja dilaksanakan.
Akhirnya setelah penantian panjang yang disertai rasa penasaran yang sangat besar (sumpah, aku penasaran banget pemenang yang bawa pulang piala siapa aja) pemenangnya sudah diumumkan...

Tentu ada alasannya dong kenapa aku sampai penasaran banget sama pengumuman pemenang penghargaan ini. Alasan utamanya adalah karena aku punya jagoan yang sangat-sangat-sangat aku harapkan menang.
Tebak siapa?

Justin Bieber? - Tentu tidak dong. Saya bukan remaja lagi yang menyukai lagu bergenre kaya gitu.
Lady Gaga? - Aku akui lagu-lagunya aneh tapi bagus. Tapi orangnya tidak kalah aneh. Tapi sayang sekali bukan dia jagoanku.
Rihanna? - Juga bukan, walaupun talentanya tidak diragukan lagi.
Eminem? - Aku suka eminem. apalagi lagunya yang "Not Afraid" dan "Love The Way You Lie" tapi juga bukan dia.
Katy Perry? Bruno Mars? B.o.B? Jay Z? juga bukan..

Okelah, daripa main tebak-tebakan dan ak…

Harry Potter – Novel dan Film

Tulisan ini pun tercipta tentu saja karena akhirnya film terakhir Harry Potter – Harry Potter and The Deathly Hallows Part.2 ditayangkan juga di bioskop Indonesia. Alhamdulillah, karena terus terang aku pun turut senang (padahal pada saat tulisan ini dibikin, aku sendiri belum nonton). Penasaran bagaiman visualisasi terakhir dari Harry Potter ini. Lagian nonton di bioskop ada nilai lebih sendiri dalam menikmati sebuah film.

Aku gak akan meresensi atau menceritakan novel ataupun film Harry Potter di sini. Aku menganggap sebagian besar orang sudah tahu ceritanya. Sudah membaca dan menonton filmnya. Kalau belum tahu yaaaa....
Buku - novel = baca sendiri aja. Filmnya - tonton sendiri aja. Hehehee...



Aku dan Novel Harry Potter
Kalau mengingat masa lalu, pertama kali perkenalannku dengan novel Harpot (sebut saja seperti ini) adalah melalui majalah Bobo (Cuma lupa apakah majalah Bobo-ku sendiri atau Majalah Bobo Pinjaman), tapi Bobo memang teman bermain dan belajarku zaman itu. Pada saat it…