Langsung ke konten utama

Yang Sedang Terpikir (Ngelantur)


Mimpi atau cita-cita. Tentu yang muncul dibenak kita mendengar kata tersebut adalah “apa?” dan “bagaimana meraihnya”.

Tetapi bagiku sekarang adalah justru berniat untuk “mengesampingkan mimpi” atau “mengubur mimpi” jika tidak mau disebut “membuang mimpi”. Karena kalau dari pilihan kata tentu saja “mengesampingkan atau mengubur mimpi” berarti bahwa aku masih memiliki mimpi tersebut tetapi memutuskan untuk tidak memikirkan terlalu jauh. Kalau membuang berarti aku tidak membutuhkannya lagi, ataupun kalau aku menginginkannya lagi apakah aku akan mencari dan menemukannya kembali? Apakah masih utuh? Jika tidak maka aku harus membangun dari awal lagi.

Aku memutuskan untuk mengesampingkan mimpiku untuk menerbitkan suatu buku karya tulisanku sendiri. Entah kenapa aku merasa tidak berminat lagi. Dan perasaan itu semakin kuat setelah menonton anime “The Literature Girl” atau yang berjudul asli “Doki Bungaku Shoujo – the movie”

Film yang menceritakan tentang seorang perempuan sekolah menengah yang memiliki kebiasaan aneh, yaitu menjadikan buku atau cerita sebagai cemilannya. Cemilan bukan berarti sebagai bacaan diwaktu luang, tetapi memang memakan lembaran kertas yang bertuliskan cerita tersebut. Hingga suatu saat adik kelasnya, seorang laki-laki bernama Inoue, melihatnya sedang menyobek ujung kertas sebuah buku dan memakannya. Mengetahui hal tersebut si Literature girl merekrut dia masuk ke dalam Literature Club yang hanya beranggotakan mereka berdua. Sering si Literature Girl menyuruh si Inoue menuliskan dia cerita dan kemudian memakannya.

Ada suatu adegan yang mengisahkan bahwa seorang tokoh bernama Asakura ingin membahagiakan orang lain, oleh karena itu dia ingin menjadi penulis.
Suatu adegan juga, Inoue mengatakan dia menulis novel yang akhirnya memenangkan penghargaan untuk mengungkapkan perasaannya.
Entah ada hubungannya atau tidak, tetapi begitu menonton film ini aku meutuskan tidak ingin lagi mengejar mimpi untuk menulis sebuah buku atau novel kemudian diterbitkan.

Aku hanya memutuskan akan menulis untuk diriku sendiri.
Sebagai penghibur diri sendiri. Sebagai pengingat diri sendiri dan juga sebagai pengungkapan perasaan diri sendiri. Hahahahaa..
Mungkin ini terdengar klise ya atau apalah istilahnya. Tetapi begitulah yang aku rasakan, bahwa sebenarnya memang selama ini aku lebih banyak menulis untuk diri sendiri. Tetapi tidak mengapa jika orang lain membacanya, karena memang ada yang ingain aku agar orang lain membacanya. Sebagai pengungkapan aja. Alasan selain itu adalah karena aku berharap semoga apa yang aku tuliskan ada manfaatnya bagi orang lain, setidaknya membuat mereka berpikir walau hanya untuk sejenak.


Makanya di dalam tulisanku, mungkin bagi yang memang mengenalku akan menemukan sifatku di dalam tulisan tersebut. Ada keegoisan dan ada sudut pandangku dalam tulisan tersebut.
Sudahlah. Tulisan (curhat) ini diakhiri saja ^^,

Komentar

  1. pertama-tama....saya jadi penasaran sama film enime literatur girl itu!

    kedua-dua....yah, jangan dibuang deh. disampingkan masih lebih baik. hehehe. menurutku, cuma masalah waktu aja si. mungkin ini masih fasenya saja menulis untuk diri sendiri. siapa tahu, kan, kelak, entah apa yang terjadi, kamu jadi penulis sukses.

    ketiga, karena saya belum menonton film itu, saya belum menemukan benang merah antara film tersebut dengan niat saudara mengesampingkan mimpi... hehehe

    keempat (ini yang terakhir deh), menurut saya, menulis seperti ini sangat penting. setiap orang memiliki kebutuhan untuk dipahami orang lain. cuman tidak semua orang kan gampang mengungkapkan dirinya sendiri? jadi...menulis bisa menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan itu...

    BalasHapus
  2. Tonton aja filmnya. lumayan menarik kok.
    Entah ada hubungannya atau tidak juga. Saya gak tau pasti. Cuma ya itu, setelah nonton tiba-tiba aja kepikiran seperti yang ditulis di atas. Hehehehee..

    Akhirnya diputuskan untuk berjalan seiring berjalannya waktu aja. Tidak usah dipaksakan untuk diri saya sendiri.

    BalasHapus
  3. ya.. bagus itu! (so' diplomatis)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

#cumangomong Tips dan Trik Memperbesar Peluang Menang Kuis Buku (Giveaway)

#BerkahRamadhan#TipsDanTrikMenangKuisBuku


Alhamdulillah bulan ini dapat rezeki berupa menang kuis 4 kali dari penerbit buku dan toko buku. Bulan lalu aku memenangkan 5 kuis buku dari blog, twitter, dan instagram. 
Lama kelamaan aku merasa jadi kuis hunter, padahal nggak lho. Aku jarang sekali benar-benar berniat mencari kuis dan mengikutinya. Kebanyakan sih informasi tersbut berseliweran di timeline begitu buka medsos. Lihat ada info menarik, aku buka, lihat, baca, dan akhirnya tertarik, ya aku ikutan. Tapi, kalau tidak ya tentu aku lewatkan begitu saja. Hehehe...
Nah, ini nih kuis yang aku menangkan (kebetulan keempatnya kuis di Instagram):
a. Kuis #GaraGaraBuku oleh Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) - Hadiahnya pilih buku apapun yang kita inginkan. b. Kuis #TruAndNelleGiveaway oleh Penerbit Noura (Noura Books) - Hadiahnya dua buku Tru dan Nelle. c. Kuis #TadarusBuku oleh Penerbit Mizan - Hadiahnya paket buku dari Penerbit Mizan d. Kuis inspirasi #BacaBuku15Menit oleh TB Gramedia …

I Just Need You Now...

Perhelatan anugerah musik internasional yang bergengsi, Grammy Award 2011, baru saja dilaksanakan.
Akhirnya setelah penantian panjang yang disertai rasa penasaran yang sangat besar (sumpah, aku penasaran banget pemenang yang bawa pulang piala siapa aja) pemenangnya sudah diumumkan...

Tentu ada alasannya dong kenapa aku sampai penasaran banget sama pengumuman pemenang penghargaan ini. Alasan utamanya adalah karena aku punya jagoan yang sangat-sangat-sangat aku harapkan menang.
Tebak siapa?

Justin Bieber? - Tentu tidak dong. Saya bukan remaja lagi yang menyukai lagu bergenre kaya gitu.
Lady Gaga? - Aku akui lagu-lagunya aneh tapi bagus. Tapi orangnya tidak kalah aneh. Tapi sayang sekali bukan dia jagoanku.
Rihanna? - Juga bukan, walaupun talentanya tidak diragukan lagi.
Eminem? - Aku suka eminem. apalagi lagunya yang "Not Afraid" dan "Love The Way You Lie" tapi juga bukan dia.
Katy Perry? Bruno Mars? B.o.B? Jay Z? juga bukan..

Okelah, daripa main tebak-tebakan dan ak…

Harry Potter – Novel dan Film

Tulisan ini pun tercipta tentu saja karena akhirnya film terakhir Harry Potter – Harry Potter and The Deathly Hallows Part.2 ditayangkan juga di bioskop Indonesia. Alhamdulillah, karena terus terang aku pun turut senang (padahal pada saat tulisan ini dibikin, aku sendiri belum nonton). Penasaran bagaiman visualisasi terakhir dari Harry Potter ini. Lagian nonton di bioskop ada nilai lebih sendiri dalam menikmati sebuah film.

Aku gak akan meresensi atau menceritakan novel ataupun film Harry Potter di sini. Aku menganggap sebagian besar orang sudah tahu ceritanya. Sudah membaca dan menonton filmnya. Kalau belum tahu yaaaa....
Buku - novel = baca sendiri aja. Filmnya - tonton sendiri aja. Hehehee...



Aku dan Novel Harry Potter
Kalau mengingat masa lalu, pertama kali perkenalannku dengan novel Harpot (sebut saja seperti ini) adalah melalui majalah Bobo (Cuma lupa apakah majalah Bobo-ku sendiri atau Majalah Bobo Pinjaman), tapi Bobo memang teman bermain dan belajarku zaman itu. Pada saat it…