26 Juni 2011

100 Peristiwa Yang Bisa Menimpa Anda - Benny Rachmadi

Hari Minggu tanpa rencana yang jelas, aku jalan-jalan ke Bintaro naik Kopaja dan KRL. Namun karena ternyata tidak ada yang bisa ditemui di sana, akhirnya mampirlah aku ke Gramedia Bintaro Plaza (ngapain coba iseng-iseng pergi jauh kalau ujung-ujungnya ke toko buku juga?).

Ada buku Harry Potter 7 yang sangat menggoda dengan diskon 70%-nya. Sempat goyah keteguhan hati untuk membelinya (akhirnya gak beli) dan juga ada buku tentang jalan-jalan di Jakarta tanpa Mall (buku yang menarik namun mahal, makanya gak dibeli. Haha..)

Akhirnya ada sebuah buku yang sangat menarik minatku dan setelah dibaca-baca sedikit, akhirnya memutuskan untuk membelinya. Ke kasir dan bayar Rp 48.000,-. Kemudian aku pulang (cepat amat? Iya, abisnya udah bosan sih).

Sembari menunggu kereta yang akan membawaku pulang, akupun membaca buku yang tadi aku beli. Dan hasilnya adalah aku tiba-tiba senyum sendiri, tiba-tiba tertawa dan merasa sangat terhibur (gak tau orang di sebelahku mikir apa melihat aku ketawa-ketawa sendiri). Menunggu pun terasa menyenangkan. Hehehe...

Buku apa sih yang aku beli? Buku ini nih...
     
100 Peristiwa Yang Bisa Menimpa Anda
(gambar dari google)


100 PERISTIWA YANG BISA MENIMPA ANDA karya Benny Rachmadi
  
Tau Benny Rachmadi kan? Itu lho, yang bikin komik “Benny & Mice” di harian Kompas Minggu bareng Mice. Komik tentang kehidupan sehari-hari yang mengena dan sangat menghibur *bagi saya sih. Aku punya beberapa buku Kartun Benny & Mice, yaitu di antaranya “JAKARTA ATAS BAWAH”, “JAKARTA LUAR DALEM” dan “TALK ABOUT HAPE”. Hal yang diceritakan dalam kartun tersebut sangat mengena, Joke-nya terasa mengena dan menghibur juga. Namun, sayang untuk beberapa waktu terakhir ini mereka tidak bekerja sama lagi, dan buku kartun ini merupakan karya Benny sendiri (tanpa Mice).
  
Buku (komik/kartun) 100 Peristiwa Yang Bisa Menimpa Anda diawali dengan adegan seorang tukang bajaj yang memperingatkan sekelompok orang dari politisi, cewek gaul dan juga orang-orang yang biasa berada di sekitar kita yaitu tipikal orang kebanyakan akan banyaknya peristiwa nahas bakalan terjadi pada mereka (kita).

Dan memang setelah membaca halaman demi halaman, banyak peristiwa yang digambarkan sangat bisa dan pernah terjadi kepada kita (termasuk saya sendiri). Seperti...

-           saat berada di stasiun tiba-tiba kebelet dan menemukan toilet dalam keadaan yang mengenaskan.
-          Saat sedang makan di warung, pengamen datang silih berganti.
-          Saat sedang bepergian tiba-tiba menemukan orang dengan kostum yang sama dengan kita.
-          Pergi ke masjid dan kehilangan sandal.
-          Terjebak macet atau PAMER PAHA (Padat merayat tanpa harapan).
-          Salah kaki sewaktu turun dari bus.
-          Dikira penjual di sebuah toko atau tempat belanja, digodain banci, dan lain-lain.

Begini nih beberapa contoh komiknya yang aku foto dari buku-ku sendiri (*maaf hasil foto-nya miring-miring)..





Namun, ada sayangnya juga terhadap buku ini karena kebanyakan peristiwa yang digambarkan (diceritakan) lebih banyak yang sesuai untuk kehidupan di Jakarta. Tapi tentu saja tidak semuanya karena memang kejadian yang ada bisa terjadi di mana saja dan kapan saja terhadap kita.

Buku kartun (komik) 100 Peristiwa Yang Bisa Menimpa Anda ini memang benar-benar berisi 100 peristiwa saja. Tentu saja 100 itu kurang, karena banyak hal yang menurutku bisa diceritakan juga peristiwa yang bisa menimpa kita semua. Misalnya budaya antri, kejadian di busway (untuk Jakarta), ditipu atau ditanya oleh orang di jalan (misalnya ditanya apakah orang Palembang atau bukan – karena peristiwa ini aku alami 2 kali). Orang yang tiba-tiba menawarkan baranya di jalan raya karena kehabisan (butuh) duit. Kejadian-kejadian di pasar. Beli barang yang ternyata palsu dan lain-lain tentu saja.
Mungkin saja memang sengaja dibuat 100 peristiwa dan untuk peristiwa lainnya menyusul. Jadi ada 100 Peritiwa yang Bisa Menimpa Anda volume 2 *berharap ada sih. Hehe..

Aku begitu menikmati membaca buku ini. Tersenyum dan tertawa sendiri saat membacanya.
Mengapa? Tentu saja karena aku juga pernah mengalami beberapa (lumayan banyak) peristiwa yang diceritakan dalam kartun ini. Terasa lucu dan menyenangkan saat membaca dan tiba-tiba teringat kejadian pada saat aku mengalami peristiwa tersebut *iya, aku pernah mengalami hal ini – membenarkan dalam hati sambil menertawai diri sendiri.

Buku ini menyenangkan untuk dibaca. Apalagi bagi kamu yang butuh hiburan dan sesuatu yang segar. Dan tiba-tiba aku pengen baca cerita yang lain dan melengkapi koleksiku. Soalnya belum baca karya Benny & Mice yang LAGAK JAKARTA 1-2, dari Presiden ke Presiden dan yang lainnya.

aku nampang bareng bukunya (narsis dikit)
Silakan dibaca ya, aku merekomendasikannya. Hehehe ..
Padahal baru beli tapi langsung aku rekomendasikan.
Menarik sih...

Ini nih info mengenai bukunya :

Judul                 : 100 Peristiwa yang Bisa Menimpa Anda
Pengarang         : Benny Rachmadi
Penerbit            : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Halaman           : 136 halaman
Harga               : Rp 48.000,-
Cetakan Pertama Mei 2011

5 komentar:

  1. hmmm...selama ini karya-karyanya benny and mice cuman lihat-lihat sekilas doang di Gramed...

    alasannya masih sama, masih lupa caranya nikmatin komik. (padahal tiang dulu suka banget komik --")

    BalasHapus
  2. Padahal situ kan suka gambar, Hud.
    Coba aja bikin suatu cerita pendek berbentuk komik. Hehehe..

    Kalau komik/kartun karya Benny & Mice (atau Benny doang) terasa nyata karena menyangkut kehidupan di sekitar kita.
    Coba aja lagi baca komik, siapa tau inget lagi cara menikmati komiknya. Hehehe..

    BalasHapus
  3. belum pernah baca karyanya Benny. mahal juga ya kalo ukuran komik, tapi emang berwarna sih ya..

    BalasHapus
  4. Yen - gak semua berwarna sih. Cuma beberapa halaman doang.
    Karya-karya Benny biasanya ada di Kompas Minggu (waktu dulu masih bareng Mice). Menarik untuk dibaca, apalagi kalau mau menertawakan diri sendiri. hehehee..

    BalasHapus
  5. hai, blogwalking !
    mampir kesini karena mau buat postingan blog dan sedang nyari gambar, eh ktemu blog ini. salam kenal ya ! :D

    BalasHapus