Langsung ke konten utama

[Book Review] Penjelajah Antariksa #4 : Kudeta Putri Gradi - Djokolelono



 

Penjelajah Antariksa #4 : Kudeta Putri Gradi 
Penulis : Djokolelono 
Penyunting : Yessi Sinubulan 
Desain Sampul dan Ilustrasi : Oki Dimas Mahendra 
Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) 
Cetakan Pertama November 2015 
KPG 59 15 010 87 
ISBN 978-979-91-0974-3 
Tebal v + 181 halaman 

Edisi pertama diterbitkan oleh Gramedia pada tahun 1985

Buku ke-4 seri Penjelajah Antariksa dari Djokolelono berjudul Kudeta Putri Gradi. Buku ke-4 ini pun masih menceritakan petualangan empat bersaudara Vied, Veta, Stri, dan Raz. Lebih tepatnya melanjutkan kisah buku ke-3 secara langsung.

Kudeta Putri Gradi ini lebih fokus menceritakan kisah Vied, Cette, Robot Curtis, dan Kolonel Artap yang menuju Planet Tula demi menyelamatkan Raz yang terkena penyakit.

Kedatangan rombongan Pesawat Tempur Gardeya tentu saja tidak disambut dengan baik oleh bangsa Planet Tula. Apalagi Gardeya mengunci sasaran tembak ke pangkalan Naz-5 (bulan buatan dan juga pangkalan militer/gerbang masuk ke Planet Tulla) yang dibidik oleh Raz secara tidak sadar. Penyakit Raz pun semakin aneh, dia sering menyanyikan lagu dari daerah Poa dalam, tiba-tiba bertingkah yang seolah-olah ada yang mengarahkannya untuk melakukan tindakan tersebut.

Vied rela melakukan apa saja demi menyelamatkan Raz. Kolonel Artap yang melihat tersebut heran mengapa Vied sampai begitu ngotot menyelamatkan adiknya. Dan Kolonel Artap pun menyadari bahwa itu adalah ‘cinta’ atau ambria dalam bahasa orang Tula karena dia pun ternyata memiliki perasaan cinta terhadap Putri Gradi, teman masa kecilnya, yang juga adalah putri dari Raja Gradi yang memimpin daerah tempat tinggal Kolonel Artap.

Planet Tula termasuk planet yang unik karena tidak pernah mengalami pergantian siang-malam, namun daerahnya subur. Kesalahpahaman terjadi di Planet Tula sehingga Kolonel Artap dihukum kerja paksa karena dianggap berkhianat. Vied pun dihukum kerja paksa. Cette dijadikan bahan percobaan sedangkan Raz dianggap tidak bersalah karena sakit dan akan diobati. Robot Curtis diperiksa karena dianggap menyimpan informasi penting.

Hon Gradi, yang merupakan sorang putri, dokter, dan juga hakim di Tula menaruh rasa penasaran terhadap Vied yang ternyata memiliki rasa cinta terhadap orang dia sayangi (Raz). Hon Gradi pun akhirnya menyadari sejak dahulu dia telah terbakar api cinta (ambria) terhadap kolonel Artap dan mengakui perasaannya. Dengan perasaan cinta tersebut, dia pun dianggap berkhianat. Namun, berkat bantuan ‘seseorang’, Kolonel Artap, Putri gradi, Vied, dan Cette berhasil melarikan diri. Petualangan mereka pun masih berlanjut, terutama untuk menyelamatkan Raz dari penyakitnya. 

Cerita tentang Veta, Stri, Mesi, Omodu, dan Kolonel Verea hanya sedikit sekitar 3 bab. Tidak ada perkembangan yang berarti di Planet Kunin karena hampir selama setahun belum ada kemajuan berarti dalam rencana penguasaan Starx oleh Jenderal Roon. Veta masih membangun robot perang yang canggih. Dalam perjalanan mereka ke Kunin, rombongan Kolonel Verea, Veta, Stri, Omodu, dan mesi mengalami kecelakaan. Cukup menarik apa yang akan mereka lakukan selanjutnya.

Kisah buku ke-4 ini pun berakhir di sini. Tanggung sekali bukan? Walaupun buku ke-4 ini tidak terdapat stategi pertempuran seperti seri sebelumnya, tapi masih cukup seru mengingat Vied akhirnya memiliki teman baru, yaitu Putri Gradi.

Yah, sama seperti sebelumnya, kisah Penjelajah Antariksa ini menyisakan rasa penasaran kisah selanjutnya. Sayangnya, menurut info dari penerbit KPG, buku ke-5 terbit tahun ini, belum tahu bulan apa. Semoga saja secepatnya dan bila perlu bulan Januari 2016 ini.

Kudeta Putri Gradi masih di bawah Kunin Bergolak dan Sekoci Penyelamat Antariksa.

Nilai : 3,5/5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Homunculus Vol.11 (Bayangan?)

Hari Kamis, 23 Juni 2011 kemarin aku membaca komik Homunculus Volume 11. Komik Homunculus ini adalah manga karya Yamamoto Hideo *gak kenal sih sama pengarangnya, dan bercerita mengenai seorang tokoh utama dalam komik ini yang bernama Susumu Nakoshi. Susumu Nakoshi merupakan seorang gelandangan yang hidup dan tinggal di dalam mobilnya yang berada di antara sebuah gedung mewah (hotel) dan taman (tempat banyak gelandangan tinggal) - dua tempat yang dapt menggambar dunia dengan sangat kontras, bertolak belakang. Susumu memiliki kebiasaan unik, yaitu tidur layaknya seorang bayi yang butuh perlindungan (meringkuk sambil menghisap jempol). Suatu hari, dia mendapat tawaran dari seorang yang mengaku sebagai mahasiswa kedokteran bernama Manabu ito. Penampilannya padahal urakan dan metal *gak yakin sama penggambarannya. Manabu menawarkan akan memberikan uang sebesar 700 ribu yen asal bersedia tengkoraknya dilubangi. Jika tengkoraknya dilubangi, maka indera ke

[Book Review] Penjelajah Antariksa #5 : Kapten Raz - Djokolelono

Penjelajah Antariksa #5 : Kapten Raz Penulis : Djokolelono Penyunting : Yessi Sinubulan Desain Sampul dan Ilustrasi : Oki Dimas Mahendra Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) Cetakan Pertama Juni 2016 KPG 59 15 01201 ISBN 978-602-424-061-5 Tebal v + 189 halaman Buku ke-5 seri Penjelajah Antariksa dari Djokolelono berjudul Kapten Raz akhirnya terbit juga setelah menunggu sekitar setengah tahun. Buku ke- ini pun masih menceritakan petualangan empat bersaudara Vied, Veta, Stri, dan Raz. Lebih tepatnya melanjutkan kisah buku ke-4 secara langsung di mana akhir buku keempat yang 'nanggung' banget. Setelah kecelakan pesawat yang mereka naiki, Veta, Stri, Mesi, Omodu, dan Kolonel Verea harus terdampar di suatu tempat tanpa ada alat komunikasi apapun. Bab pertama buku kelima ini menyuguhkan pergulatan hati Mesi yang cenderung berubah-ubah terutama sikap dan pandangannya terhadap Veta. Selain itu pula, badai Radiasi Rho-M mengancam keberadaan Starx sebagai

[Book Review] HOPELESS (Tanpa Daya) - Colleen Hoover

Judul Asli : Hopeless   Penulis: Colleen Hoover   Alih bahasa: Shandy Tan   Editor: Intari Dyah Pramudita   Desain sampul: Marcel A.W   Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama   ISBN: 978-602-03-1201-9   Cetakan pertama 2015   Tebal 496 halaman     Buku ini adalah hadiah dari Giveaway SixPackGiveAway dari Blog-nya Rafian. Ada 6 paket buku yang dibagikan dan aku dapat paket yang berisi 2 buku yang salah satunya adalah novel Hopeless karya Collen Hoover yang akan bahas kali ini. Thx banget atas bukunya : ) Kalau boleh jujur sih, judul, cover dan resensi di sampul belakang novel ini gak cukup membuatku tertarik untuk membelinya karena genre novel seperti ini bukan prioritas utama untuk aku beli. Aku suka romance, young adult , namun gak semua romance aku baca. Aku cenderung pilih-pilih cerita romance yang ingin aku baca karena kadang banyak tema yang hampir sama. Setelah selesai baca, aku pun memutuskan Hopeless ini tergolong bagus, temanya gak