17 Januari 2011

tentang ADACHI MITSURU

Huaaah..
Tulisan ini diawali dengan menarik nafas panjang dulu. Setelah memantapkan niat, akhirnya tulisan ini dilanjutkan juga. Jarang banget dapat mood buat nulis..

Niat ini pun semakin diperkuat setelah beberapa hari yang lalu nemu Komik karya Adachi Mitsuru di komik obralan. Bahagia dong tentunya. Nambah koleksi. Dapat Slow Step dan H2 (H2 cuma ngelengkapi koleksi yang kurang doang).

Weleh, weleh. Aku malah ngoceh tentang Adachi Sensei ya. Tentunya gak semua mengenalnya bukan? Siapa sih Adachi itu?

Adachi Mitsuru itu…..
adalah seorang mangaka (komikus) favorit-ku. Bagi pecinta komik, mungkin saja nama ini terdengar agak asing bagi mereka. Tetapi, bagi pecinta komik baseball, barangkali mengenal mangaka yang satu ini. Ah, tapi mungkin juga tidak. Adachi bisa dibilang sebagai spesialis Baseball.
Adachi Sensei, sabar ya. Aku lagi berusaha mengenalkan sensei kepada para pembaca.
Menurut Wikipedia, Mitsuru Adachi (あだち充Adachi Mitsuru lahir di Isesaki, Prefektur Gunma, Jepang, 9 Februari 1951; umur 59 tahun) adalah seorang mangaka Jepang. Setelah lulus dari Prefektur Gunma Maebashi Commercial School pada 1969, Adachi bekerja sebagai asisten untuk Isami Ishii. Dia memembuat manga debut di 1970 Kieta Bakuon, berdasarkan manga awal yang dibuat oleh Satoru Ozawa. Kieta dimuat di Deluxe Shonen Minggu (majalah manga mingguan yang diterbitkan oleh Shogakukan).

-note: jangan pusing baca keterangan di atas ya (cuma copy paste)

Tentang Aku dan Adachi Sensei (Manga karyanya)

Berawal dari tingkat 2 sewaktu kuliah aku mulai mengenal lebih dekat dan perlahan-lahan menyukai karya-karya Adachi sensei. Padahal sebelumnya aku menganggap artwork (gambar) komik karya beliau aneh dan mukanya kartun banget dengan muka yang hampir mirip semua. Apaan sih komik ini? Kok gambarnya aneh? Muka bulat (kartun banget), telinga kebesaran, mirip semua lagi.
Tetapi, aku terus didesak oleh teman untuk coba dibaca dulu. Dan begitu aku mulai membaca karyanya…. Oh, AKU LANGSUNG JATUH HATI.

Jatuh hati karena apa? Tentu saja jatuh hati oleh penuturan penceritaannya dan lelucon yang ada di komik Adachi sensei ini.
Komiknya itu memang sih kebanyakan tema Baseball. Yang membuatku makin lama makin suka baseball. Slice of Life-nya itu ngena banget di hati. Kalau bisa dibilang, oh Adachi sensei.. kau telah menarik hatiku dan menjatuhkannya untuk mencintai karya-karyamu (lebay).

Kelebihan Manga karya Adachi Sensei

Ini nih kelebihan manga karya beliau (menurut pengalaman saya sendiri):

  1.  Walau gambarnya aneh untuk dilihat pertama kali, justru keanehan itulah yang membuatnya terasa UNIK dan menjadi ciri khas artwork karya Adachi Mitsuru. Aku suka dengan artwork-nya. Makin dilihat, aku makin mencintai goresan gambar tokoh-tokohnya. Unik, khas, beda dan dimana pun atau apapun komik karya Adachi Mitsuru akan langsung dapat kau kenali begitu hanya dengan melihat gambarnya sampulnya saja. Hebat bukan? Wkwkwkwk..
  2. Slice of Life-nya itu sangat bagus. Manga karyanya itu bisa membuat tertawa, sedih, senyum dan juga nyengir dan kadang-kadang nyengir “garing” hanya dengan membaca beberapa lembar. Apalagi adegan sedihnya (terutama adegan ada tokoh yang mati – ini juga cirri khas Adachi) diceritakan (digambarkan) dengan sederhana tetapi justru sangat mengena di Hati pembaca. Coba saja baca TOUCH volume 7, atau H2 volume … (lupa) atau CROSS GAME yang mampu membuat pembaca-nya meneteskan air mata hanya dengan volume 1 saja.
  3.  Leluconnya itu lho? Khaaaaas banget. Garing deh kalau mau dibilang. Tapi justru itu. Lelucon yang garing, segar, dan kadang monoton justru menjadikan manga-nya selalu layak untuk dinikmati dan selalu membuat saya tersenyum. Leluconnya itu gak pernah bosan aku baca. Hahahaha..
  4. Mangaka/Komikus paling NARSIS kalau bisa dibilang. Di komiknya sendiri, Adachi sensei sering banget memunculkan dirinya sendiri. Entah sekedar lewat atau hanya untuk mempromosikan MANGA KARYA DIA SENDIRI yang sebelumnya atau akan dia buat. Hahahahaa.. Selain itu pula, dia pun sering mengejek (menggambarkan) dirinya yang sering dikejar-kejar editor untuk menyetor karya tepat waktu. Atau mengejek dirinya yang sering menggambar tokoh yang mirip sehingga tokoh di komiknya (atau pembaca) sulit membedakan. Mengejek dirinya yang kadang-kadang menggunakan pola yang sama. Tetapi, justru itulah yang membuat (menggambarkan) bahwa jadi komikus itu menyenagkan sekaligus mengerikan (??). Yang pasti, Adachi bias menggambarkan dirinya sendiri dengan ceria (??) dan bebas di manga karyanya sendiri.
  5. Rrrrr.. apalagi ya? Manga karyanya itu ringan, gak berat-berat amat untuk dibaca (sebenarnya ada sih garingan tentang ini, lagi gak niat nge-garing). Ceritanya enak untuk dinikmati, ceritanya mengalir tanpa harus mikir berat-berat. Membaca karyanya pun bikin seger. Hahahaa…
  6. Adachi itu... suka banget gambarin cewek-cewek (tokoh wanita) dengan pakaian renang atau cuma bikini doang. Hehehehe. Ciri khas-nya banget deh. Dan kadag-kadang (sering sih) tokoh cowok-nya itu mata keranjang. Selain itu sering pula gambarin suasana yang kadang-kadang gak penting.   
      Udah ah, itu saja dulu..

Karya-Karya Adachi Mitsuru Vs Koleksi-ku
Nah, berikut ini adalah manga karya Adachi Mitsuru yang sudah diterbitkan maupun yang sedang diterbitkan dan tentu saja koleksi yang aku punya.
  1. Cross Game (17 Volume) – Koleksi sudah lengkap. Aku suka banget dengan Cross game. Tentu saja aku juga suka dengan tokohnya si Kou Kitamura dan Aoba Tsukisima.
  2. H2 (34 Volume) – Koleksi kurang 4 nomor. H2 komik Adachi yang paling komlit menggambarkan baseball, persahabatan dan cinta. Emosi di sini lebih berasa. Cross Game juga sebenarnya sama, cuma sayang volume-nya lebih sedikit.
  3. Hiatari Ryōkō / Beautiful Sunshine (3 Volume) – Koleksi lengkap. Ceritanya simple, tapi bagus juga sih. Hehehehe..
  4. Itsumo Misora / Eternal Blue Sky (5 volume) – Koleksi Lengkap. Ini komik Adachi yang cukup aneh dengan kekuatan-kekuatan aneh. Menghibur kok. Hehehehe..
  5. Jinbē (1 Volume) - Lengkap. Cerita yang cukup aneh dan tidak lazim. Hubungan antara Bapak Tiri dan Anak tiri.
  6. Katsu! (16 Volume) – Masih diterbitkan sama Elex Media, sedang dikoleksi. Komik tentang tinju yang tetap disuguhi dengan lelucon-lelucon yang menarik dan kisah cinta yang menarik untuk diikuti juga.
  7. Miyuki – belum punya. Komik tentang saudara (tiri atau angkat? - lupa) dan kalau gak salah ada beberapa tokoh yang bernama Miyuki.
  8. Natane  - belum punya. Belum baca jadi belum bisa komentar.
  9. Niji Iro Togarashi – belum punya. Kalau diartikan ke bahasa Indonesia, judulnya akan cukup aneh yaitu "Cabe Merah berwarna Pelangi", belum baca sih cuma sempat ngintip beberapa episode. hehehehe..
  10. Nine – belum punya. tentu saja tentang Baseball, tapi belum baca karena nyari komiknya susah.
  11. Oira Hōkago Wakadaishō – belum punya. Terus terang aku belum pernah dengar komik Adachi sensei yang ini. Penasaran pengen baca.
  12. Rough (12 Volume) Koleksi Lengkap. Komik tentang renang. Seru. Dengan ending yang . . . . .
  13. Short Program (4 Volume) - Lengkap. Ini adalah kumpulan cerita pendek karya Adachi sensei. Banyak cerita yang seru dan lucu, apalagi cerita yang tanpa dialog dan cuma gambar saja. Sederhana tetapi mengena.
  14. Slow Step (7 Volume) – Koleksi kurang 3, baru nemu 4 kemarin. Komik tentang anak SMA yang disukai oleh 3 orang cowok. Inti ceritanya tidak terlalau banyak, tetapi banyolannya banyak. Hahahaha...
  15. Touch (26 Volume) – Lengkap. Ini adalah komik Adachi sensei yang paling terkenal (mungkin). Cerit tentang saudara kembar dan teman masa kecilnya yang bersaing dalam cinta dan baseball (??). Cerita yang menyentuh.
  16. Adventure Boy – belum punya. Kumpulan cerita pendek Adachi yang lain tetapi dengan cerita yang agak berat. Lebih banyak bercerita tentang time traveller.
  17. Q & A – masih on-going di Jepang sana. Kadang-kadang ngikutin cerita ini dan aku menganggapnya sangat aneh. Hahaha, tapi liat perkembangannya nanti saja deh.
Apa lagi ya? Apa ada yang belum ditulis karya Adachi Mitsuru di atas? Hmmm… aku gak hapal. Nanti ditambahin deh kalau ada yang kelupaan.
Pokoknya, kalau sudah berurusan sama manga karya Adachi sensei, maka wajib bagi saya untuk mengoleksinya. Sampai sekarang pun masih nyari-nyari koleksi yang belum punya. Yippi…

Bagi yang mebaca tulisan ini, jika belum mebaca karya Adachi Mitsuru, aku saranin segera baca deh. Sungguh menyenangkan.

dari Adachi's World
Welcome to ADACHI MITSURU’s WORLD…!!! 

Adventure Boy
Cross Game
Katsu
Rough

Slow Step

Touch
H2
Short Program



12 komentar:

  1. ooooh... yang ini tho. lumayan familiar sama gaya gambarnya. saya dah lama si gak ngikutin komik...

    ckckckck, koleksi komik epe banyak juga ya? sebenernya tiang lagi kena Hayao miyazaki sindrom. but dia kan bikinnya film kartun ya??

    btw..pinjem dungs. yang koleksinya lengkap...

    BalasHapus
  2. Hehehehe..
    Boleh dipinjem.
    Kalau tiang main-main ke Jogja insya Allah ta bawain deh.

    BalasHapus
  3. Gyaaaaa~
    ngiler daku melihat koleksi adachi sampeyan.. =p~

    perkenalkan aku penggemar adachi juga^^
    yang aku suka banget dari karya2 adachi itu simple tapi penuh makna..

    salah satu kalimat yang aku suka dari salah satu komiknya(aku lupa judulnya yg mana) adalah "tidak perlu ditutup2i tapi tidak perlu dibesar2kan seperti itu juga kan?" #maaf kalo ga 100% sama, cz cm brdasarkan ingatan aja :p

    BalasHapus
  4. Wah, terima kasih udah baca tulisan ini Yen.
    salam kenal juga ya..

    Cukup lama juga nih nyari-nyari komik lama Adachi. emang agak susah didapat. Tapi, begitu liat di toko buku (obralan biasanya) tanpa pikir-pikir langsung deh beli.

    Hmm.. aku lupa juga itu yang mana. ntar aku coba liat deh. Emang benar, komik Adachi itu simpel tapi penuh makna. Hehehe

    BalasHapus
  5. Hu'um.komik2 adachi banyak yang termasuk barang langka,mungkin karena ga sepopuler komik2 yg terkenal gitu kali ya..
    bahkan di rental-an aja susah nyari nya #pelanggan rental :D

    kalo ga salah kata2 itu ada di komik cross game sepertinya.. *apa di touch ya??

    BalasHapus
  6. @yen, itu di cross game. waktu ceritanya koh-akane dan azuma-aoba. walaupun akhirnya........ (spoiler) huehehe..
    salam dari penggemar adaci sensei juga. :D

    BalasHapus
  7. haii,,salam kenal penggemar adachi jugaa XD
    iseng mau nyari adachi quotes,terhubung kesini deeh:)
    cuma mau (curhat) haha kalo karya adachi itu emg "ngena" bangeett!
    kalo udh baca slah satu karyanya dan ngerti alurnya pasti SUKA karya yang lainnya:)
    lagi nunggu QandA niih,,perkembangan ceritanya makin menarik:)

    BalasHapus
  8. Molly - Hehehe.. salam kenal juga.
    Suka Adachi juga ya?
    Sekarang nambah koleksi baru lagi nih. Natane dan Q and A.

    Iya, Q and A perkembangannya menarik juga. Walaupun awal-awalnya aku anggap agak aneh. Baru beli nomor 1 kemarin.

    Tau karya yang terbaru gak? Asaoka ---- Over fence. Gak hapal. Tapi chapter baru gak keluar-keluar nih

    BalasHapus
  9. blog walking yang gak terlalu sering saya lakukan bikin saya nyasar disini.. hehehe

    salam kenal sesama penggemar komik adachi..

    just info : NATANE.. diterbitkan lagi oleh elex, sekarang udah sampe vol 5..
    silahkan berburu.. hehe

    BalasHapus
  10. Jenderal - Salam kenal juga sesama fans Adachi Mitsuru.
    Natane udah beli dong, hehe..

    BalasHapus
  11. Saya udah punya Natane, Rough, Slow Step, Beautifull Sunshine
    lagi hunting Katsu, H2, Touch, Short Program, Miyuki, Jinbe, Cross Game, Q&A, Mix, Idol Ace

    dari yang udah dibaca paling suka Natane :) kocak hihihi

    BalasHapus